Hadeeuuhhh,,, malangnya nasib Jupie MX !

June 27, 2012 at 19:59 | Posted in R2 ~ Bikers Zone | 10 Comments
Tags: , ,

ImageImage

sungguh kejadian yg menyebalkan….

setelah melewati durasi pakai selama 6 tahun 2 bulan pada akhirnya MX saya mengalami cobaan yg sangat mengganggu dan sampai saat ini belum ketemu diagnosa maupun obat penangkalnya…

yup, pasca servis di bengkel umum di daerah kemayoran, saat menunggangi kembali ke kantor saya merasakan sensasi yg berbeda,,, yup — getaran pada fairing kiri bagian tengah… suaranyanya tidak terlalu keras cuma sangat mengganggu kenyamanan saya berkendara… getaran ini muncul saat rpm saya push maksimal atau saat rpm terlalu rendah… rambatan getaran jelas dari mesin, namun saya tidak bisa menemukan baut yang mana di fairing yg harus saya kencangkan atau ganjal dengan karet untuk menghilangkan bunyi tsb.

Jupiter MX  bermesin vertikal dengan konfigurasi piston overstroke dan menghasilkan torsi cukup besar – maka getaran mesin yg agak kencang merupakan hal yg cukup wajar, namun kalau sampai merambat ke fairing menjadi abnormal.

Memang sejak awal MX mendarat dirumah belum pernah saya lakukan pengecekan engine mounting. Namun getaran di fairing tadi membuat saya agak kehilangan semangat untuk menungganginya… Berbeda dengan Tiger tua saya dimana getaran mesin malah membuat saya merasa ‘gagah’ saat berada diatasnya…

saya sudah lakukan pengencangan terhadap seluruh baut L yg ada, malah dengan membuka dulu keseluruhan fairing dan melakukan pemasangan ulang. Namun getaran tadi hanya berkurang sedikit sekali… Saat meminta saran teman diusulkan untuk di lem biru saja (lempar beli baru)  🙂     

Untuk tambahan info, dari awal beli motor ini full STD. Ada yg punya usul yg lebih baik ?  Heellllppp…..

10 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kalo MX punya saya getarnya karena ada baut di bawah headlamp yang hilang mas :mrgreen:

    punya saya tahun 2008

    • oooo,,, kl saya positif fairing kiri tengah… besok sabtu bongkar ulang,,,
      kalo gagal tak ganti CBR600RR (mimpi kali yee) 🙂

      • :mrgreen: nglindur siang bolong mas. .,

        eh tanya itu asesoris yg nutupin lampu senja dan yang nempel dibawahnya (airscoop) dan yg nempel di fairing bagian bawah harga semuanya berapa ya

  2. g salah tuh mx overbore adanya overstroke lihat panjang stroknya dari diameter/borenya ???

    • hahahaha,, bener mas,, adanya oversquare dan overstroke,,, trims buat koreksinyaaa… maklum, newbieeeee 🙂

  3. hal serupa juga menimpa kakak sepupu saya,tapi kasusnya karena motornya abis ambruk di parkiran
    Karena ga tahan sama bunyi fairing vibratornya,akhirnya dilepas juga tuh bodi,hasilnya jadi aneh bin wagu

  4. coba liat-liat di forum inet aja bro,, sapa tau ada masalah yg sama

    • udah dicari dan belum ketemu bro,,, yg jelas sdh ada teman kantor yg mengalami hal yg sama,,, sama dia dicopot sekalian semua fairing, sisa bagian depan aja.. tapi jadi wagu… 😦 thx anyway

      • Dipasang ulang aja masbro body bodynya..pasti ada yg ngga klop dudukannya..sekalian dicek cekin klip dalem baut L nya.. emang sedikit ribet, tp klo masangnya bener pasti nyaman lagi dikendarai.. Motor saya juga MX.

      • iya nih, rencananya sabtu atau mingguu di bongkar ulang lagi… soalnya getarnya kok makin kenceng yagh 😦


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

