[CHART] Komparasi Sport 250cc minus Test Ride (By Grafik & Subyektivitas)

August 4, 2014 at 14:18 | Posted in R2 ~ Bikers Zone | Leave a comment
Tags: , , ,

Trio 250cc

All Brader Bikers,

Banyak perdebatan terkait komparasi yang dilakukan baik oleh media otomotif, blogger, dsb dst. Apalagi menyangkut Sport 250 cc. Ada yang bilang ‘gak apple to apple’ – “masa 1 silinder di adu 2 silinder.” Ada yang bersikukuh, “lha wong cc-nya sama kok,”  Sejuta argumen mengemuka dan buat saya malah seru membacanya. Karena dialektika sudut pandang itu justru mencerdaskan pembacanya, pun demikian kita harus secara cermat menarik benang merah dari tiap pendapat yang ada.

Kebetulan saya sendiri pernah ‘sekedar’ mencoba CBR 250 dan Ninja 250 minus R25. Mencoba sangat berbeda dengan test ride yaa. Sekedar Starter On dan solo riding di area terbatas tanpa mencoba akslerasi  dan riding impression secara optimal. Berdasarkan data minim tadi saya coba buatkan kesimpulan singkat tentang Trio 250 cc dari kacamata pribadi. Plis cekidot spidergraph berikut :

Komparasi 250cc

Saya mencoba membandingkan dari 5 parameter umum dan menghasilkan gambaran grafik seperti tertera di atas. Untuk masing-masing Brand memiliki keunggulan di parameter tertentu. Tidak perlu saya bahas detail, silahkan langsung dicermati. Yang perlu dicatat adalah, pengisian data bukan berdasarkan data pooling, lebih kepada subyektifitas pribadi saya.

Saya yakin diantara brader bikers pasti ada yang menolak mentah-mentah data ini. Perlu dicermati bahwa tiap brader termasuk saya memiliki sudut pandang yang berbeda. Dan itu semua terjadi akibat banyak hal, diantaranya wawasan-pengetahuan, peristiwa empiris, pengaruh informasi dsb-dst-dll. Sekedar contoh, itulah mungkin penyebab kenapa saat semua teman dikantor beli Satria FU, saya memilih membeli MX, karena buat saya mesin yang OK itu ada radiator air dan bukan oil cooled, hehehe. 😀

BTT, Kalau mau lebih dalam, sebenarnya dari 5 parameter utama masih bisa kita ‘slicing’ lebih dalam lagi agar ‘akurasi subyektivitas’ atas data yang kita persepsikan tadi semakin kuat. Contoh, dari sisi Price alias Harga – berapa OTRnya saat ini vs kompetitor? Bagaimana Resale Valuenya? dst. Untuk penjabarannya plis cekidot grafik berikut ini.

Compare 250cc

 

Sengaja Overall saya tutupi hitam, untuk menghindari jeritan hati FansBoy yang terkadang overdosis membela jagoannya, hehehe. Silahkan di share pendapat brader bikers sekalian. Trims (AndRayy)

 

 

 

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

