[Graph] Komparasi ‘Apple to Apple’ Market Share 5 Jagoan AISI

August 5, 2014 at 13:03 | Posted in R2 ~ Bikers Zone | 2 Comments
Tags: , , , , , ,

All Brader Bikers,

Agak serius dikit yaa. Bicara profit ATPM R2 sesungguhnya dilihat dari banyak parameter dan bukan hanya Market Share. Sebagai contoh sederhana; Net Income Total memiliki faktor pengurang –  cost produksi misalnya:  ‘opex’ (operational expense) termasuk ’emco’ (employee compensation) alias gaji dan faktor lainnya. Pun demikian, semakin besar unit laku terjual, possibility net income terprediksi lebih besar. Ini terjadi pada industri manufacture dimana transaksi bersifat jual-putus. Tidak ada collateral risk dibelakang – seperti leasing misalnya, selama tenor kredit berjalan masih ada resiko NPL alias customer menunggak angsuran.

Kenapa ada kalimat apple to apple? Analisa bisnis haruslah bersifat Kuantitatif; ada trendline, portofolio, komparasi dst. Komparasi sebagai contoh, haruslah sepadan, seimbang dan pas penempatannya. Atau data jadi bias dan gak pas untuk dijadikan dasar analisa

Plis cekidot data berikut di mana dilakukan perbandingan jumlah UNIT terjual antara TY (this year) vs LY (last year) oleh 5 Jagoan AISI.

Market Share Semester 1 2013 vs 2014

Dari data dapat di ambil kesimpulan sementara sebagai berikut :

  • Total wholasales growth dari 3.95 juta unit di semester 1 2013 menjadi 4.2 juta unit di semester yang sama 2014 (tumbuh 6,8%).
  • Pertumbuhan unit sebanyak 268 ribu – CLEAR hanya di kontribusi oleh Honda dan Yamaha, sementara 3 Merk lainnya minus terutama Suzuki.
  • Khusus Jan dan Feb 2014, total penjualan all brand mengalami penurunan vs LY –  terutama Suzuki dan TVS.
  • Bagi Suzuki sendiri penurunan wholesales sangat mengkhawatirkan, selisih 42 ribu unit itu bukan main2. Jika diasumsikan average 1 unit terjual memperoleh net income 1 juta saja, maka potensial net income yang raib adalah 42 Milyar.

BTT, yaitu pembahasan market share. Jika hanya melihat sekilas saja, dominasi Honda dan Yamaha makin tak terbendung vs 3 anggota lainnya. Namun demikian secara overal Yamaha harus Ekstra Waspada. Penguasaaan atas segmen sport oleh NVL tidak diimbangi oleh segmen lainnya yang secara perlahan mulai di gerogoti Honda. Plis Cekidot Pie chart berikut :

MS AISI

Grafik Slicing Pizza di atas menggambarkan betapa dominasi Honda makin mengerikan. Di tengah pertumbuhan volume alias naiknya total unit terjual oleh Yamaha sebanyak 34 ribu, ternyata terjadi penurunan market share Yamaha yang relatif besar. Bahasa mudahnya, potensial market alias kue yang tersedia semakin besar, namun demikian Yamaha tidak mampu merebut banyak seperti yang Honda lakukan.  Whew…

Bagaimana dengan Portofolio MTD (Month to Date) dan Trendline penjualan Juni YTD (Year to Date)? Plis cekidot Grafik selanjutnya…

Trendline_portofolio

Sengaja pada grafik portofolio berbentuk Batang saya atur agar Yamaha (Biru tua) di bagian atas dan Honda (Merah) di bawah, sementara 3 rival lainnya terjepit di tengah keduanya. Sepanjang tahun ini dan seterusnya, kedua ‘sahabat’ ini akan terus saling menekan ke arah berlawanan. Sementara ini Honda unggul dimana batang biru tua makin terdorong ke atas terlihat jelas di semester 2.

Dari grafik trendline growth Honda terlihat signifikan. Spike – terus menanjak dengan target menuju 500 rb unit perbulan. Sementara Yamaha walaupun terlihat menurun, namun in average baik secara total YTD Juni maupun wholesales tetap lebih baik vs LY.

Kesimpulan Final dari All Grafik/ data di atas ;

  • Honda sangat dominan, tinggal satu step menguasai segmen sport, maka tuntas semua. Mampukah Honda?
  • Yamaha terus berupaya bertahan dari gempuran Honda. Mereka harus mengembalikan kejayaan Matic seperti dahulu jika ingin fightback!
  • Suzuki paling ngeriii, tidak lagi bisa hanya mengandalkan Satria FU semata sebagai backbone, harus bikin terobosan baru!
  • Kawasaki secara total unit jualan turun, harus  mulai waspada atas desakan kompetitor terutama di level premium 250 cc!
  • TVS, akankah bernasib sama dengan Bajaj? kita tunggu saja tanggal mainnya.

Demikian yang bisa saya share. Silahkan di komentari brader bikers sekalian. (AndRayy)

 

 

 

 

Advertisements

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wow, mantabbb, nanti saya pinjem datanya ya mas bro

    • Waduh, Mas Taufik TMC mampir di blog saya 🙂 siap Pak Bos. Silahkan – dengan senang hati


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: